5 Tips Untuk Ciptakan Desain Kitchen Set Minimalis

5 Tips Untuk Ciptakan Desain Kitchen Set Minimalis - Dalam perancangan kitchen set minimalis untuk rumah atau apartemen ternyata di perlukan beberapa siasat khusus untuk menghasilkan sebuah desain yang optimal. Ada tiga hal penting yang menjadi dasar perancangan kitchen set mungil.
Pertama, desain kitchen set harus mampu mengakomodasi kegiatan utama diarea dapur, yaitu memasak dan mencuci.
Kedua, desain kitchen set harus memiliki storage yang cukup untuk menyimpan peralatan dan logistik dapur.
Ketiga, desain kitchen set harus berkesan luas untuk menyamarkan keterbatasan ukuran ruang.

5 Tips Untuk Ciptakan Desain Kitchen Set Minimalis
interior kitchen set


5 Tips Untuk Ciptakan Desain Kitchen Set Minimalis

1. Gunakana Gaya Minimalis

Salah satu konsep untuk menciptakan kesan luas pada ruang dengan luasan terbatas adalah dengan membuat ruangan berkesan “bersih” dan simple. Konsep ini sangat cocok dengan konsep desain bergaya minimalis yang cenderung tampil polos, sederhana, minim ornamen, tetapi tetap tampil elegan. Andapun bisa memilih gaya minimalis ini untuk dialikasikan pada kitchen set mungil di rumah. Selain membuat ruang dapur berkesan luas, kitchen set bergaya minimalis lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya.

2. Hindari Penggunaan Cooker Hood Bercerobong

Cooker hood merupakan alat penghisap pada ruang dapur yang bekerja dengan sistem elektrik (listrik). Ada berbagai jenis cooker hood yang tersedia di pasaran. Salah satu model yang paling populer adalah chimney hood yang berbentuk seperti cerobong. Meskipun tak ada salahnya digunakan, chimney hood agak kurang pas diterapkan pada kitchen set mungil. Cooker hood model ini terlalu “memakan” space di bagian atas kitchen set sehingga lemari kabinet atas tidak bisa dioptimalkan. Jenis cooker hood yang disarankan adalah model slim-line hood yang berbentuk pipih tanpa cerobong. Cooker hood model ini bisadiletakkan menempel di bagian bawah lemari kabinet atas sehingga jumlah segmen penyimpanan pada lemari kabinet atas pun lebih optimal.

3. Buat Lemari kabinet Yang Compact

Lemari kabinet merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai peralatan, perlengkapan, dan bahan makanan di dapur. Pada kitchen set mungil, lemari kabinet dituntut harus bisa menampung berbagai macam barang tersebut dalam keterbatasan luasan bidang penyimpanan. Untuk itu, lemari kabinet pada kitchen set mungil haruslah didesain se-compact mungkin. Desain lemari kabinet perlu diperhitungkan benar-benar agar sesuai dengan barang-barang yang akan disimpan, baik dari segi kuantitas maupun ukuran.

5 Tips Untuk Ciptakan Desain Kitchen Set Minimalis
interior kitchen set
4. Gunakan Peralatan & Perlengkapan Dapur Seperlunya

Sebuah kitchen set mungil tentu memiliki beberapa keterbatasan. Salah satu keterbatasan tersebut adalah keterbatasan area penyimpanan. Lemari kabinet sebagai area penyimpanan pada kitchen set mungil memiliki segmen yang tidak terlalu banyak dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Untuk itu, batasilah penggunaan peralatan dan perlengkapan dapur. Anda bisa menyiasati dengan cara menbuat daftar kebutuhan peralatan dapur sesuai dengan prioritas, mulai dari yang penting, agak penting, hingga yang sangat penting. Peralatan yang sangat penting bisa disimpan pada lemari kabinet kitchen set. Sementara peralatan yang tidak terlalu penting bisa disimpan diluar ruang dapur (misalnya gudang).

5. Gunakan Cermin Untuk Memberi Kesan Luas & Kedepankan Kebersihannya

Cermin juga merupakan salah satu alat yang efektif untuk menciptakan kesan luas pada ruangan, khususnya dapur. Keberadaan cermin seolah “menggandakan” ruang dapur mungil anda sehingga luasan ruangnya terkesan menjadi dua kali lipat. Cermin bisa dipasang menyatu pada badan kitchen set, pada dinding dibelakang table top, atau pada sisi dinding yang lain. Semakin besar ukuran cermin, akan semakin terlihat lapang pula dapur anda. Selamat Mencoba!!

Tips & Artikel Interior Kitchen Set bisa dilihat disini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.