Sejarah Interior Kitchen Set

Sejarah Pengembangan Interior  Kitchen Set

Sudah menjadi hal yang umum dalam sebuah kitchen set yang di dalamnya terdiri dari susunan beberapa kabinet yang di susun sedemikian rupa. Kabinet tersebut memiliki peran penting dalam sebuah dapur. Fungsi kabinet dapur pada umumnya di gunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan dapur. Kabinet dapur juga biasa diletakan di bawah sebagai dudukan kompor dan juga di letakan di atas kompor untuk memanfaatkan ruang. Dari masa ke masa dapur mengalami berbagai perubahan dan perkembangan, untuk lebih jelasnya kita akan mengulas dengan jelas tentang sejarah kabinet dapur.

Pada pertengahan abad ke 19, atau tepatnya pada 1850an, dapur adalah area yang digunakan untuk memasak, makan, dan berkumpul. Sebuah meja besar mendominasi area dapur dan lokasinya biasanya ada di tengah, dilengkapi kompor atau tungku di sampingnya. Kemudian, dapur berkembang seiring banyaknya peralatan memasak yang diperlukan selama proses pengolahan dan penyajian makanan. Peralatan tersebut memerlukan tempat penyimpanan yang lokasinya tak jauh dari kompor agar mudah dijangkau saat diperlukan. Maka, dibuatlah kabinet dapur. Kabinet dapur ini ditempatkan pada posisi yang tepat, dengan ditambahkan elemen dan fitur spesial agar lebih mudah diakses.


Sejarah Pengembangan Interior  Kitchen Set
interior kitchen set




Dahulu, kabinet kebanyakan berupa free-standing cabinets. Pertumbuhan ekonomi yang pesat di era tahun 19an dan 20an menyebabkan banyak wanita bekerja di luar rumah sehingga tidak cukup waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, salah satunya memasak. Agar mempermudah proses memasak mereka, dapur dibuat lebih kecil dan kabinet dapur dibuat agar mudah diakses.

Saking pentingnya posisi kabinet dalam sebuah dapur, banyak orang yang menyertakan posisi kabinet pada desain dapurnya. Karena dapur merupakan area yang memerlukan intensitas pergerakan yang tinggi, orang – orang mulai mencari alternatif supaya tempat penyimpanan tidak berada di lantai agar lantai tetap bersih dan rapi, sehingga memudahkan mobilisasi. Untuk itu, dibuatlah kabinet dapur di dinding agak ke atas. Tingginya menyesuaikan jangkauan tangan sang pemilik rumah, namun rata – rata berkisar antara 24 inci hingga 30 inci.

Sejarah Pengembangan Interior  Kitchen Set
interior kitchen set

Memasuki 1930an, banyak kabinet dapur dari berbagai variasi bentuk dan ukuran dijual di pasaran dan siap diinstal. Tak lama kemudian, dibuat semacam standarisasi mengenai ukuran dan jarak aman kabinet untuk diinstal di atas dapur. Beranjak ke tahun 1950an, beberapa kabinet mulai dibuat dari bahan selain kayu, misalnya dari bahan logam. Kini, kabinet dari bahan plastik juga bisa ditemui dan tersedia dalam varian warna dan ukuran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.